Jumat, 12 Juli 2013

Contoh paragraph induktif, deduktif dan campuran



Berikut ini adalah contoh-contoh paragraf induktif:


 Contoh 1

dari kelok pertama sampai kelok ke-44, kami masih menikmati panorama yang masih perawan. Sampai di tepi danau Maninjau terlihat hamparan air yang dikelilingi bukit-bukit yang menjulang. Tampak dari kejauhan nelayan dengan sampan tradisional mencari ikan di tengah danau. Meskipun serasa di tepi pantai, angin sejuk selalu menyapa dengan lembut. Sungguh molek alam Minangkabau yang belum terjamah tangan-tangan jahil ini.


Contoh 2

Pada waktu anak didik memasuki pendidikan formal, pendidikan bahasa Indonesia secara metodologis dan sistematis bukanlah merupakan halangan baginya untuk memperluas dan memantapkan bahasa daerah. SEtelah anak didik meninggalkan kelas, ia kembali mempergunakan bahasa daerah dengan teman-temannya atau orang tuanya. ia merasa lebih intim dengan bahasa daerah. jam sekolah hanya berlangsung selama beberapa jam. Baik waktu istirahat ataupun diantara jam-jam pelajaran, unsur-unsur bahasa daerah tetap digunakan. Ditambah lagi jika sekolah itu bersifat homogen dan gurunya penutur  asli bahasa daeah itu. Faktor-faktor inilah yang menyebabkan pengetahuan si anak terhadap bahasa daerahnya akan tetap maju


 Contoh 3

Panas atau demam yang tinggi selama beberapa hari dapat dicurigai sebagai demam berdarah. Seseorang yang menderita demam berdarah juga mengalami pendarahan dari lubang hidung atau mimisan. Selain itu, muncul bintik-bintik merah pada tubuh. Semua gejala tersebut hendaknya diperhatikan sehingga jika terjadi gejala-gejala tersebut, penderita bisa ditolong dan ditangani dokter




Contoh 4
Indonesia merupakan Negara yang kaya akan budaya . Contohnya di pulau Sumatra yang terdiri dari suku batak, suku minang , suku aceh, suku melayu dan lain-lain yang masing-masing memiliki kebudayaan yang berbeda-beda. Bukan hanya dipulau Sumatra saja, bahkan di pulau Jawa, Kalimantan, dan juga pulau-pulau lainnya juga terdapat macam-macam suku dengan kebudayaannya.
Contoh 5
Selain kaya akan budaya , Indonesia juga memiliki lahan pertanian yang subur yang banyak menghasikkan rempah-rempah , bahan pangan , bahkan juga buah-buahan. Dari segi barang tambang , Indonesia juga sangat potensial, terbukti Indonesia salah satu Negara di Asia yang meng ekspor minyak bumi, batu bara, dan barang tambang lainnya. Maka tidak salah kalau dikatakan Indonesia adalah Negara yang kaya


Contoh Paragraf Deduktif :

contoh 1
 Saat ini Indonesia sedang berusaha membangkitkan perekonomiannya. Banyak usaha yang dilakukan, mulai dari menekan jumlah barang import yang mengalahkan pemakaian barang lokal. Pemerintah juga meluaskan lapangan pekerjaan, agar sumber daya manusia (SDM) dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk pembangunan Negara. Bagia pelaku korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN) yang sangat merugikan perekonomian Negara tentunya akan diberikan sanksi tegas. Karna yang kita ketahui Indonesia terpuruk akibat KKN yang terjadi di segala institusi. Oleh karena itu, dengan usaha yang dilakukan sekarang diharapkan Indonesia dapat membangkitkan perekonomiannya.
Contoh 2

SMA Negeri 3 Purwokerto memperingati hari pahlawan dan hari sumpah pemuda tahun 2011 dengan menggelar tiga kegiatan. Lomba paduan suara lagu-lagu nasional dan lagu daerah diikuti oleh semua kelas. Demikian pula dengan lomba lukis pahlawan diikuti oleh 22 kelas. Hanya gebyar budaya yang gagal merekrut semua kelas. Lomba ini hanya diikuti oleh 16 kelas. Secara umum peringatan berlangsung sukses.  Hampir seluruh siswa terlibat dalam kegiatan yang diadakan.







Contoh 3

Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa teh mempunyai banyak manfaat. Mengonsumsi teh secara teratur dapat mencegah kanker meskipun tidak terlalu besar. Teh juga menguatkan tulang dan mencegah pertumbuhan plak di permukaan gigi sehingga mencegah gigi berlubang. Tidak hanya memenuhi kebutuhan cairan tubuh seperti air putih, teh juga melawan penyakit jantung.
 
   Contoh 4

Seperti sebuah perjalanan, pernikahan juga memiliki tahapan yang harus dilalui. Para peneliti bidang sosial mengamati bahwa sebuah pernikahan pada umumnya melewati setidaknya empat tahapan perkembangan. Setiap tahap menghadirkan pembelajaran yang unik pada pasangan, juga tantangan dan halangan. Tingkat keberhasilan setiap pasangan berbeda dalam melalui tahapan-tahapan ini. Tingkat keberhasilan tersebut sangat  dipengaruhi oleh usia, pendidikan, kematangan, pengalaman, dan komitmen setiap pasangan.
 

Contoh 5

Menghemat air merupakan salah satu usaha yang dapat kita lakukan untuk memelihara lingkungan. Dengan tidak memboroskan air, persediaan air tanah pun akan lebih terjaga.  Kita bisa melakukan penghematan air dengan memanfaatkan air hujan.   Air hujan yang ada di sekitar rumah kita tidak langsung dibuang ke selokan  tetapi ditampung dalam sumur resapan.  Dengan cara ini air akan tersimpan menjadi air tanah.



Contoh 6

Upaya-upaya pemerintah melestarikan budaya tradisional perlu dilakukan di tengah serbuan budaya modern dari luar. Hal ini dilakukan karena kekurangtertarikan masyarakat Indonesia terutama generasi muda untuk melestarikan budaya tradisional.  Selain itu, seiring dengan perkembangan zaman modern, produk budaya bukanlah milik kolektif seperti ketika masa agraris, melainkan milik individualis atau sekelompok etnis. Segala produk budaya, baik kesenian kontemporer maupun tradisional diberi cap milik individu atau sekelompok masyarakat, bahkan sebuah bangsa. Nah, ketika masyarakat kita lalai member cap pada produk budaya sendiri, terjadilah pencurian budaya oleh bangsa lain yang kemudian diklaim sebagai budaya bangsa tesebut.

 

Paragraf Campuran :

Dengan adanya sumber daya yang potensial di Indonesia, kita harus optimis bahwa perekonimian kita akan pulih kembali. Semua itu akan berhasil tentunya dengan kerjasama yang baik, dan dengan adanya rasa kesadaran di semua semua lapisan masyarakat. Dan di tahun 2010 ini semoga Indonesia menjadi lebih baik lagi bukan hanya dari sector ekonomi namun juga disegala sektor. Karna sebuah Negara dikatakan kaya bukan dari segi kekayaan alamnya saja. Naman Negara tersebut juga dapat memakmurkan penduduknya.


" Indonesia adalah negara kesatuan. Negara yang terdiri dari ribuan pulau ini memiliki aneka ragam kebudayaan dan bahasa. Masyarakatnya yang rukun dan damai saling hidup berdampingan dalam perbedaan agama, bahasa, kebudayaan, dan lain-lain. Semboyan Bhineka Tunggal Eka yang berarti walaupun berbeda-beda tetap satu jua inilah yang menjadi dasar masyarakat Indonesia dalam menjalani kehidupan. Selain kaya akan ragam kebudayaan, Indonesia juga memiliki kekayaan alam yang melimpah ruah dari ujung Sabang sampai Merauke. Dengan pengelolaan yang baik, kekayaan alam Indonesia ini bisa menghidupi serta mensejahterakan masyarakat Indonesia sehingga semakin memperkokoh persatuan dan kesatuan serta kerukunan masyarakat Indonesia

Tiket kereta api eksekutif jarak jauh untuk arus lebaran kangsung ludes terjual.  Kejadian itu terjadi di stasiun gubeng Surabaya.bahkan sebagian dari mereka sudah dating sejak pukul 05.00 dengan harapan masih kebagian tiket. Sebagian besar mereka membeli tiket KA  dengan jurusan Surabaya – Jakarta padahal harga tiket tersebut 25% lebih mahal dari biasanya. Harga normal biasanya adalah Rp. 525.000,-  KINI MENJADI Rp. 700.000,- . Berapapun harga tiket tersebut tidak membuat masyarakat mengurungkan niatnya untuk membeli tiket. Karena mereka tidak puny pilihan lain. Mereka semua rela antri dari subuh demi tiket kereta api di arus mudik lebaran.

1 komentar: